20/11/16

19.51

Pertamina resmi jual bahan bakar minyak (BBM) type baru (Juli 2015) dengan research octane number (RON) 90, yaitu Pertalite. Pertalite di jual dengan harga Rp8. 400/liter (Juli 2015).

Bilangan oktan atau research octane number (RON) adalah angka yang tunjukkan kemampuan desakan atau kompresi BBM pada mesin. Makin tinggi kandungan oktan bakal beresiko baik pada kemampuan mesin. Dengan BBM beroktan tinggi, residu atau kotoran bekas pembakaran pada mesin dapat diminimalkan.


Dari kandungan oktan serta harga, pertalite diposisikan diantara premium, pertamax. Untuk memudahkan kamu dalam pilih BBM yang bakal dipakai di kendaraan, kita bakal menghadirkan 5 ketidaksamaan paling utama empat type bahan bakar (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Plus) yang di edarkan di SPBU Pertamina, tersebut penjelasan tentang ciri-ciriistik masing-masih type BBM yang di pasarkan di SPBU Pertamina.  kendaraan selalu rentan dengan kondisi mesin yang tidak sesuai dengan keinginan pengguna, sebaiknya gunakan bahan bakar yang berkualitas tinggia untuk setiap kendaraan anda, gunakan pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan yang sudah terbukti menhaga kendaraan tetap dalam kondisi yang baik dan stabil.

Ketidaksamaan Pertalite dengan Premiun, Pertamax serta Pertamax Plus, Kandungan Premium, Kandungan Pertamax, Kandungan Pertamax Plus, Kandungan Petralite
Ketidaksamaan Pertalite dengan Premium, Pertamax serta Pertamax Plus

Ciri-ciriistik Premium

Premium atau umum dimaksud bensin adalah BBM type distilat yang mempunyai warna kekuningan yang jernih. Premium memiliki kandungan RON 88, yang disebut kandungan terendah diantara BBM kendaraan bermotor yang di pasarkan SPBU Pertamina di Indonesia.
Dari Sisi teknologi
Pemakaian premium dalam mesin berkompresi tinggi bakal mengakibatkan knocking. Premium didalam mesin kendaraan bakal terbakar serta meledak tidak cocok gerakan piston. Knocking mengakibatkan tenaga mesin menyusut hingga berlangsung pemborosan atau inefisiensi. Kandungan RON dalam premium yaitu RON 88.

Baca Juga : 8 Keunggulan serta Kekurangan Terutama Ban Tubless serta Ban Biasa

Dari Sisi Ekonomi
knocking berkelanjutan menyebabkan rusaknya pada piston hingga komponen itu lebih cepat ditukar, Di bandrol dengan harga paling murah (di Subsidi oleh Pemerrintah)

Dari Sisi Polusi yang dibuat
Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah besar. (Gas ini dibuat dari reaksi pembakaran dalam mesin yang nanti dilepaskan ke hawa sebagai polusi hawa)

Dari Sisi Pembuatan
Produksi premium semakin banyak komponen lokal, dalam membuatnya memakai penambahan pewarna (dye). Mempunyai kandungan sulfur optimal 0, 15 % m/m atau setara dengan 1500 ppm.

Dari Sisi Wujud
Berwarna Kuning Bening

Ciri-ciriistik Pertalite

Pertalite adalah BBM baru yang di luncurkan Pertamina diakhir Juli 2015 untuk penuhi Surat Ketentuan Dirjen Migas Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral Nomer 313 Th. 2013 mengenai Spesifikasi BBM RON 90. Dari segi tehnologi, sesungguhnya kendaraan roda empat di Indonesia rata-rata dapat konsumsi BBM RON 90-92.  kendaraan keluaran baru kebanyakan menggunakan mesin injeksi, mesin injeksi ini sifatnya instan dan semua serba mudah, sebaiknya anda menggunakan bbm berkualitas,  itu akan sangat membantu kendaraan anda dalam kondisi baik. gunakan selalu pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan untuk kendaraan anda tetap stabil.
Dari Sisi teknologi
Pembakaran Lebih prima daripada premium lantaran mempunyai RON 90.

Dari Sisi Ekonomi
Di bandrol dengan harga lebih murah dari awalx serta Lebih mahal dari Premium namum Semakin bagus pada mesin (di banding Premium), BBM type Pertalite tak disubsidi oleh pemerintah hingga harga nya ikuti harga internasional.

Dari Sisi Polusi yang dibuat
Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah sedikit. (Gas ini dibuat dari reaksi pembakaran dalam mesin yang nanti dilepaskan ke hawa sebagai polusi hawa)

Dari Sisi Pembuatan
Mempunyai kandungan sulfur optimal 0, 05 % m/m atau setara dengan 500 ppm.

Dari Sisi Wujud
Berwarna Hijau Terang

Ciri-ciriistik Pertamax

Pertamax adalah BBM yang di buat memakai penambahan zat aditif. Sebatas di ketahui, pertamax pertama kalinya di luncurkan th. 1999 sebagai pengganti premix 98 lantaran unsurnya MTBE yang beresiko untuk lingkungan.

Baca Juga : Narasi Motivasi : Pemenang Sejati

Pertamax begitu dianjurkan pada kendaraan bermotor yang di produksi sesudah 1990, terlebih kendaraan yang memakai tehnologi catalytic converters (pengubah katalitik) serta electronic fuel injection (EFI).
Dari Sisi teknologi
Pertamax bisa terima desakan pada mesin berkompresi tinggi hingga bisa bekerja dengan maksimal pada gerakan piston. Akhirnya, tenaga mesin yang memakai pertamax lebih optimal. Pembakaran pada Pertamax Lebih prima daripada Premium serta Pertalite lantaran mempunyai kandungan RON 92.

Dari Sisi Ekonomi
BBM type Pertamax tak disubsidi oleh pemerintah hingga harga nya ikuti harga internasional

Dari Sisi Polusi yang dibuat
Membuahkan NOx serta Cox dalam jumlah yang amat sedikit.

Dari Sisi Pembuatan
Memiliki kandungan Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya

Dari Sisi Wujud
Berwarna Biru kehijauan

Ciri-ciriistik Pertamax Plus

Pertamax plus adalah type BBM yang sudah penuhi standard performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax plus umumnya dipakai pada kendaraan yang mempunyai rasio kompresi minimum 10, 5, dan memakai tehnologi electronic fuel injection (EFI), catalytic converters, variable valve timing intelligent (VVTI), VTI serta turbochargers.
Dari Sisi teknologi
Pembakaran Paling prima lantaran mempunyai RON 95, Pertamax plus dapat terima desakan pada mesin berkompresi tinggi hingga bisa bekerja dengan maksimal pada gerakan piston, Pertamax Plus bisa bersihkan timbunan deposit pada fuel injector, inlet valve, serta ruangan bakar, timbunan ini bisa menurunkan performa mesin kendaraan, Pertamax Plus dapat juga melarutkan air didalam tangki mobil hingga bisa menghindar karat serta korosi pada saluran serta tangki bahan bakar.

Dari Sisi Ekonomi
BBM type Pertamax tak disubsidi oleh pemerintah hingga harga nya ikuti harga internasional

Dari Sisi Polusi yang dibuat
Membuahkan NOx serta Cox paling sedikit dibanding type BBM lain.

Dari Sisi Pembuatan
Megandung Toluene sebagai peningkat oktannya.

Dari Sisi Wujud
Berwarna Merah

Demikian Artikel mengenai 5 Ketidaksamaan Utama Pertalite dengan Premium, Pertamax serta Pertamax Plus, mudah-mudahan artikel di atas bisa menolong sahabat MARKIJAR dalam memastikan BBM yang bakal dipakai.

0 komentar:

Posting Komentar

Random Post